Mudahnya Refund Tiket Kereta Api di Gambir

Gagal traveling karena ada halangan?

Daripada tiket hangus lebih baik di refund aja, dana yang dikembalikan bisa buat traveling lagi.

Pada postingan kali ini saya akan membahas bagaimana cara refund atau reschedule tiket Kereta Api buat kalian yang berada di wilayah Jakarta. Halangan seperti undangan acara pernikahan teman, pekerjaan yang tidak bisa di tinggalkan atau mama yang minta diantar ke pasar, memang memaksa kita mau tidak mau harus membatalkan ataupun mengubah rencana traveling.

Di kota besar Jakarta hanya ada 2 stasiun yang bisa melayani pembatalan dan perubahan jadwal yaitu Stasiun Gambir dan Stasiun pasar senen. Untuk lokasi di stasiun gambir, tinggal datang saja dan langsung menuju pintu utara. Disana terdapat 10 loket, tetapi hanya loket 9 – 10 yang melayani pembatalan atau perubahan jadwal tiket KA. Loket buka setiap hari dari jam 04.00 sampai 22.15 wib.

Loket pembatalan tiket
loket pembatalan tiket KA : Stasiun gambir

 

Mesin antrian
Mesin antrian stasiun gambir

Sesuai informasi yang ada di papan loket, pembatalan tiket dapat dilakukan selambat-lambatnya 30 menit sebelum keberangkatan KA dan dikenakan bea sebesar 25% dari harga tiket diluar bea pemesanan.

Jadi beberapa dokumen yang harus dipersiapkan adalah :

  1. Fotocopy KTP/SIM/Paspor beserta aslinya
  2. Tiket KA yang akan dibatalkan, jika belum bisa dicetak karena jadwal keberangkatannya masih jauh maka print saja bukti booking yang telah dikirimkan ke email pribadi kalian.
  3. Ambil nomor antrian dengan klik tombol “Pembatalan tiket/ubah jadwal” pada mesin antrian kemudian akan keluar kertas nomor antrian.
  4. Sambil menunggu panggilan antrian, isi formulir warna merah pembatalan tiket. Isi sesuai Identitas diri, tulis kode booking KA, dan centang pada kotak tunai atau transfer untuk dana pengembaliannya. Jika ingin ubah jadwal, tulis kode booking KA yang akan diubah dan isi nama KA pengganti serta jadwal keberangkatannya.
  5. Bila pemohon pembatalan tiket bukan bukan pemilik tiket, maka harus melampirkan surat kuasa bermaterai dengan tetap menunjukkan indentitas asli pemilik tiket.
dokumen Refund
Dokumen persyaratan Refund

 

 

Begitu nomor antrian dipanggil silahkan menuju loket yang telah disebutkan, kemudian serahkan seluruh dokumen persyaratan. Petugas loket akan memastikan kebenaran dengan menanyakan kembali isi formulir tersebut. Kemudian petugas akan memberikan bukti pembatalan beserta tanggal dana pengembalian yang sudah dicetak dibagian belakang lembar kedua formulir. Jika perubahan jadwal maka kalian akan diberikan tiket sementara dan harus membayar biaya kekurangan jika harga tiket baru sama/lebih tinggi dari tiket lama.

Jadi jangan ragu untuk refund, daripada tiket hangus dan dana hilang menguap begitu saja.

 

Salam proses,

Iklan

SEGO TEMPONG : Menu cihuy dari Lele Crispy

Jam tangan menunjukkan angka 11.00, sudah berpikir tentang menu untuk makan siang karena kebetulan tidak membawa bento alias bekal. Chat seorang teman masuk melalui Whatsapp, bertanya punya rencana makan siang dimana hari ini? Setelah berdiskusi via chat akhirnya kita memutuskan ketemuan di Restoran Lele Crispy yang berada di Tebet, Jakarta Selatan.

Sampai di Lele Crispy saya memilih tempat duduk yang berada didalam. Resto ini menyediakan 2 ruangan AC non smoking dan ruangan non AC smoking, sehingga bisa pelanggan bisa bebas merokok.

Lele Crispy

Ruangan AC Lele Crispy
ruangan AC Lele Crispy

Seorang pelayan berseragam putih hijau menghampiri dan menawarkan beragam menu yang menggoda, tetapi melihat penampilan foto sego tempong membuat saya ingin mencoba makanan tradisional dari banyuwangi ini.

Sego tempong disajikan dengan nasi panas yang dibungkus dalam daun pisang, telur dadar crispy, bakwan jagung, ikan asin, tahu tempe goreng, sambal mentah dan juga lalapan yang segar. Nasinya yang pulen dengan aroma khas daun pisang, bumbu yang meresap lekat pada lauk pauk dan sambal mentah yang menantang, rasanya seperti sesuatu. Satu porsi sego tempong dihargai 20.000 rupiah saja, tarif yang cukup meriah untuk di tanggal tua. hehehe

Menu sego tempong
Menu sego tempong

Jadi tak perlu jauh-jauh ke Banyuwangi untuk menikmati sajian makanan tradisional khas ini.  Makanan yang terlihat sangat sederhana ini sudah tersebar luas diberbagai kota, dari warung-warung kecil hingga restoran ternama, seperti salah satunya di Lele Crispy yang saya singgahi ini. Suasana yang romantis dengan iringan musik klasik serta aroma ruangan yang wangi semerbak menambah kenikmatan saat menelan sesuap demi sesuap sego tempong.

Nama sego tempong berasal dari bahasa jawa, “sego” yang artinya nasi dan “tempong” yang berarti tampar. Konon rasa pedas sambalnya yang menggigit membuat orang terasa ditampar. Dulunya sego tempong adalah makanan untuk bekal para petani ke sawah, tapi kini sudah naik kelas bahkan sudah mendunia.

Jadi jangan sampai ketinggalan mencicipi sego tempong dan menjadi petani modern.

 

Salam proses,

4 hal yang wajib dipersiapkan sebelum liburan

Layaknya pepatah sedia payung sebelum hujan, begitu pula dengan liburan. Pekerjaan tanpa persiapan akan berantakan. Jadi buat kalian yang sedang memiliki rencana untuk berlibur berikut beberapa tips agar liburan kalian menyenangkan dan berkesan.

1. Persiapkan waktu

Rencanakan berapa harikah kalian ingin berlibur ? Jika kalian bekerja, maka ajukanlah cuti dari jauh-jauh hari, minimal 2 bulan atau maksimal 2 minggu sebelum keberangkatan sehingga kalian bisa meninggalkan pekerjaan dengan lega. Ajukan cuti pula kepada doi, katakan kalian sedang tidak bisa online skype atau jalan bersama untuk beberapa hari.

2. Persiapkan Dana

Penting banget nih karena menyangkut nyawa hidupnya para petualang, karena dana sangat berperan dalam menentukan dimana kalian bisa berlibur. Dana juga yang bisa membawa kalian ketempat tujuan, kecuali jika kalian punya pintu ajaibnya doraemon yang bisa kemana saja tanpa biaya.

Jadi tentukan budget dengan cermat, jangan sampai kalian menangis ketika membaca buku tabungan atau tagihan meledak sepulang dari liburan.

3. Persiapkan Tubuh

Bagaimana mungkin kalian bisa menikmati liburan jika tiba-tiba kalian jatuh sakit saat diperjalanan. Jadi pastikan kondisi tubuh kalian benar-benar dalam keadaan fit sebelum bepergian, lakukan dengan istirahat yang cukup, stop begadang dan konsumsi vitamin. Akan tetapi jangan memaksakan diri untuk tetap bepergian jika performa tubuh kalian kurang bagus. Sayang nyawa, sayang nyawa.

4. Persiapkan Perbekalan

Nomor 1-3 sudah siap, maka sekarang waktunya mempersiapkan perbekalan. Kebutuhan perbekalan setiap orang berbeda-beda tergantung kemana mereka memilih tempat liburan tapi umumnya seperti baju ganti, jaket, sepatu/sandal, tas, kompas dan powerbank. Tanpa powerbank kalian bisa mati gaya jika sampai handphone kalian habis baterai kemudian tidak bisa selfie dan ganti status di sosial media.

Itulah beberapa tips simpel tentang 4 hal yang wajib dipersiapkan sebelum pergi liburan. Semoga bermanfaat.

#Liburan tidaklah melulu tentang tempat yang jauh dan tarif yang mahal, tapi seberapa ikhlaskah kalian menikmatinya meskipun itu hanya dibelakang rumah.

Salam proses,

 

Perjalanan gratis ke Japan

Apa yang ada dibenak kalian ketika mendengar kata Japan ? Bunga sakura, salju, daun momiji, uang Yen atau anime ? Tapi kali ini aku mau ajak kalian keliling Japan yang berbeda, no salju, bunga sakura ataupun doraemon. Tidak perlu paspor, visa dan cukup berbahasa indonesia. “Emangnya ada Japan yang seperti itu ? Ada dong, penasaran ? Yuk scroll kebawah

Jadi maksud judul diatas adalah perjalanan gratis ke Japan (Jakarta – Palembang) hihihi. “Yaelah kirain Japan beneran ” #tepokjidat.  Ini adalah perjalanan pertamaku Jakarta – Palembang dan lagi-lagi gratis lho, seperti biasa perusahaan mengirimku bertugas di kota pempek ini. Jadilah aku berangkat dengan diantar oleh singa udara (lion air) dan dibandara Sultan Mahmud Baharuddin II sudah menunggu sopir yang akan membawaku ke head office.

20180313_111510

 

Berhubung sudah berada palembang, tentu aku tak akan mensia-siakan kesempatan untuk mencicipi kuliner pempek asli palembang atau sekedar melewati tempat-tempat bersejarah, sambil menyelam minum air itulah pepatahnya.

1. Lenggang Panggang

Seusai jam kerja aku bersama 3 kawanku (trio kwek-kwek jaman now) mampir ke resto yang kecil nan mungil yaitu “Beringin” . Resto ini berada di Jl. Jalan Lingkaran 1 Dempo Luar No.20, 9 Ilir, Ilir Timur II. Didepan pintu masuk sudah tersedia beragam sajian menu yang semua bahan utamanya adalah pempek. Namun pilihanku jatuh pada lenggang panggang, yaitu potongan adonan pempek lenjer yang diaduk bersama kocokan telur bebek yang ditaruh didalam mangkuk daun pisang kemudian dipanggang hingga matang dan disajikan terpisah dengan cukonya. Rasanya nikmar bin lezat.

20180313_175415.jpg

2. Jembatan Ampera

Jembatan ampera, yang berarti Jembatan Amanat Penderitaan Rakyat adalah ikon yang paling populer di kota palembang yang menghubungkan daerah seberang Ulu dan Ilir yang dipisahkan oleh sungai musi. Jembatan yang memiliki panjang sekitar 1.117 meter ini menjadi panorama yang lain dari yang lain menurutku. Sorotan cahaya warna-warni yang ada di sepanjang badan jembatan menambah kecantikan jembatan ampera saat malam hari, merasa seolah-olah sedang berada di Japan sesungguhnya. “Ini lagi ngidam jepang apa gimana ?  Hahaha, yes.

ampera.jpg

3. Tugu Belida

Ikon baru kota palembang ini pun tak mau kalah cantik dengan jembatan ampera. Sama halnya dengan jembatan ampera, tugu ini pun telah dihiasai oleh lampu yang dapat berubah warna secara otomatis. Tugu ini menghadap ke sungai musi dan merupakan wujud CSR (Corporate Social Responsibility) dari PT Bukit Asam (Persero). Hembusan angin dan suara aliran sungai musi yang merdu menambah para pengunjung semakin betah ditempat ini. “kalau kelamaan juga bisa masuk angin

20180313_192931.jpg

4. Benteng Kuto Besak (BKB)

Bangunan yang menyerupai rumah belanda yang berbentuk panjang ini masih satu lokasi dengan tugu belida. Benteng Kuto Besak sebenarnya adalah bangunan keraton dari abad ke-18 yang menjadi pusat Kesultanan Palembang pada masa itu. Saat malam kawasan ini dipenuhi oleh pedagang pasar malam yang menjajakan dagangannya dari aneka jenis kuliner, makanan modern, cinderamata bahkan mainan anak-anak.

20180313_194047.jpg

Sebenarnya masih ada 3 lokasi lagi yang aku singgahi pada esok harinya, tapi akan aku ceritakan pada postingan selanjutnya. Bagi kalian yang sudah pernah atau sering ke palembang, yuk berbagi cerita di kolom komentar dan bagi yang belum atau berencana akan ke palembang boleh isi juga di kolom komentar jika ada yang ingin ditanyakan.

Salam proses,

 

Jayabaya : Kereta ekonomi rasa VIP

Modern ini banyak sekali Kereta Api yang berlomba-lomba memberikan pelayanan yang bagus dan murah, tidak terkecuali KA Jayabaya. Sepertinya sudah tidak asing lagi mendengar nama kereta api yang satu ini terutama dikalangan para traveler atau backpacker yang kerap melakukan perjalanan ke jawatengah atau jawatimur bahkan termasuk saya sendiri. KA millik PT Kereta Api Indonesia ini melayani rute tujuan Jakarta Stasiun Pasar Senen – Surabaya – Malang PP (Pulang Pergi).

Kereta yang memiliki 9 gerbong dengan kapasitas kurang lebih 768 penumpang ini mematok tarif yang sangat terjangkau yaitu per tiket dibandrol Rp 220.000 – Rp 260.000 untuk hari normal dan tarif bisa berubah menjadi 2 kali lipat pada liburan lebaran atau moment tertentu.

Tidak hanya melayani penumpang reguler, KA Jayabaya juga menyediakan dua gerbong yang di desain khusus bagi penumpang difabel dan masing-masing gerbong hanya bisa memuat 64 penumpang. Meskipun disebut sebagai kereta ekonomi, akan tetapi pelayanan dan fasilitasnya tidak kalah dengan kereta VIP.

1. Ruangan yang luas dan bersih

Masing-masing rangkaian kereta sudah terpasang AC, lampu penerangan, pengharum ruangan dan telivisi disetiap sudut gerbong. Bagasi yang berada diatas kursi penumpang dan masing-masing 2 stop kontak disamping kursi penumpang. Ukuran lorong dan pintu sangat luas sehingga penumpang difable bisa tetap menggunakan kursi roda saat memasuki ataupun berjalan didalam rangkaian kereta.

KA Jayabaya
Fasilitas KA Jayabaya

KA Jayabaya mengerahkan petugas kebersihan untuk memastikan kebersihan kereta selama perjalanan. Berpindah dari gerbong satu ke gerbong lain mereka dengan semangat mengumpulkan bekas-bekas makanan atau sampah-sampah yang tercecer didalam rangkaian kereta.

Penampakan lorong gerbong KA Jayabaya
Lorong gerbong KA Jayabaya

Begitu pula dengan kebersihan toilet. Masing-masing gerbong memiliki 2 toilet khusus penumpang yang letaknya tepat disamping pintu masuk yang sudah dilengkapi dengan shower,air, wastafel, tissu, cermin, pengharum dan jadwal piket kebersihan yang terpampang pada dinding kereta.

2. Tempat duduk yang nyaman

Tidak seperti kereta ekonomi pada umumnya, Jayabaya ini memiliki formasi tempat duduk 2-2 berderet dan yang saling berhadapan. Jarak antar  kursi pun cukup luas sehingga memungkinkan para penumpang berselonjoran kaki dilorong kursi. Bahkan saya pernah menjumpai pemandangan yang sangat lucu saat berada dalam gerbong. Seorang anak yang berusia sekitar 4 tahun tertidur pulas dibawah tempat duduk orangtuanya, mungkin dia lelah.

Dilengkapi dengan sofa yang empuk dan senderan yang tegak menjadikan olah terapi tersendiri buat saya, hehehe.

Kursi Penumpang KA Jayabaya
Tempat duduk penumpang KA Jayabaya

3. Restoran berjalan

Setiap 30 menit sekali pramugari dan pramugara berlalu-lalang disepanjang lorong kereta untuk menjajakan barang dagangannya. Jika kalian merasa lapar kalian bisa memesan makanan kepada mereka atau bisa langsung menuju ke ruang restorasi yang berada di ujung gerbong paling belakang. Porsi dan rasa makanannya pun cukup membuat kita bisa tertidur pulas selama perjalanan. Apabila kalian membutuhkan bantal/selimut, kalian juga bisa menyewanya dengan biaya sewa semalam 5.000 rupiah per item.

Jika dibandingkan dengan KA kelas VIP yang sebenarnya tentu akan ditemukan beberapa perbedaan, tetapi dengan perbedaan yang signikan itu tidak membuat para traveler berhenti berburu tiket KA Jayabaya.

Jadi apa kereta api pilihan kalian?

 

Salam proses,

 

Jangan Lupakan Tarakan

Siapa yang tak kenal kota Tarakan ? Kota yang populer dengan kepiting soka yang terletak di ujung utara dari provinsi kalimantan utara.

Ini pertama kalinya saya menginjakkan kaki di kota yang menjuluki dirinya sebagai “The little singapore”. Perusahaan tempat saya bekerja menugaskan saya ke kota ini untuk sebuah misi, jadi bisa disimpulkan bahwa ini adalah perjalanan gratis saya yang kedua. Hihihi.

Kesan hari pertama yang saya rasakan adalah panas, kota ini memang dianugerahi oleh banyak limpahan cahaya matahari. Transportasi umum disini pun masih sangat minim dan tergolong mahal tapi itulah yang membuat kota ini bebas macet. Beruntung saya dijemput oleh kawan saya menggunakan motor.

Berhubung limit waktu saya disini hanya 2 hari 1 malam, jadi saya benar-benar memanfaatkan untuk berkeliling dan berkunjung ke beberapa tempat wisata dan pusat perbelanjaan. Tentu saja kuliner pertama yang saya jajaki adalah

1. Kepiting Soka

Apa itu kepiting soka?

Kepiting lunak yang dilumuri bumbu rahasia, tepung dan wijen yang kemudian digoreng sehingga menghasilkan kepiting yang empuk dan crispy bisa dimakan sekaligus dengan cangkangnya lho. Soal rasa lidah emang gak bisa bohong. Makanan unik ini bisa ditemukan salah satunya di kedai “Kaltara Fried Crabyang beralamat di Jl. Cendrawasih, Karang Anyar Pantai, Tarakan Barat. Kedai ini menyediakan kepiting soka yang bisa dipesan untuk oleh-oleh atau makan ditempat. 1 pack kepiting soka ukuran kecil dibandrol dengan harga 85 ribu rupiah dengan isi 8 buah kepiting.

Kepiting soka
Sumber : http://www.foody.id

2. Tugu TBTB (Tarakan Bersatu Tumbuh Bersama)

Tugu yang berbentuk seperti sapu lidi yang menjulang tinggi ini terletak di Simpang Empat Gedung Gitajalatama. Tujuan dibangunnya Tugu TBTB sebenarnya adalah untuk mengendalikan arus lalu lintas yang berada dilokasi ini, serta menambah ikon keindahan kota Tarakan. Pemandangan di lokasi ini terlihat lebih menawan saat malam hari, sayangnya hasil jepretan kamera saya hilang karena ke reset.

Tugu Tarakan Bersatu Tumbuh Bersama (TBTB)
Sumber : bokebenot.blogspot.co.id

Hari kedua, setelah selesai bertugas sambil menunggu jadwal keberangkatan kembali ke jakarta, saya sempatkan pergi mengunjungi pusat perbelanjaan dan objek wisata terkenal.

3. Grand Mall Tarakan (GTM)

Grand Mall Tarakan adalah mall terbesar di kota Tarakan dan juga mall terbesar di wilayah kalimantan utara, lokasinya tepat di tengah kota. Saya merasakan kesunyian ketika memasuki gedung megah ini, hanya beberapa orang yang tampak berlalu-lalang untuk sekedar jalan-jalan. Memang beberapa tahun terakhir ini GTM mulai sepi pengunjung, entah kenapa saya juga tidak tahu pastinya.

Grand Mall Tarakan
Sumber : id.wikipedia.org

4. Kawasan Hutan Mangrove (Bakau)

Kawasan Konservasi Hutan Mangrove ini berada di Jl. Gajah Mada. Letaknya yang berada dijantung kota membuat kawasan wisata ini mudah untuk ditemukan dan bisa diakses dengan angkutan kota ataupun motor. Di kawasan ini banyak dijumpai satwa khas yang pemalu yaitu Bekantan yang menjadi maskotnya Wahana hiburan Dunia Fantasi (Dufan) Ancol, Jakarta. Monyet ini juga kerap disebut “Monyet Belanda” karena hidungnya yang panjang, meskipun bertubuh besar Bekantan tetap lincah berayun dari dahan ke dahan lain, menjadi hiburan tersendiri bagi pengunjung.

mangrove
Sumber : traveltodayindonesia.com

Jadi saat berada di Tarakan, jangan lewatkan kesempatan mencicipi kuliner kepiting soka, merasakan syahdunya pemandangan malam di pusat kota dan menikmati asrinya hutan Bakau serta melihat lucunya tingkah Bekantan.

 

Salam proses,

WordPress.com.

Atas ↑